• Hubungi Kami
  • Hubungi kami untuk mengetahui apakah kami bisa membantu Anda

    Strategic Business Unit Sertifikasi dan Ecoframework
    (SBU SERCO)
    PT. SUCOFINDO (PERSERO)


    Jl. Raya Pasar Minggu, Kav.34 - Pancoran, Jakarta Selatan 12780
    (+62)21-7983666
        Ext.2605
    (62)21-7987015
    serco.sucofindo.co.id
    marketing.serco@sucofindo.co.id
    Kirim Permintaan

Pelatihan Sistem Pangan Organik

image

SUCOFINDO menyediakan pelatihan yang dapat diikuti masyarakat, usaha tani, kelompok tani, industri agri skala kecil, menengah dan besar serta industri hilir yang terkait.

TANTANGAN BISNIS

Isu yang telah  berkembang sekarang ini adalah keinginan untuk kembali ke alam (back to nature), yang  antara lain berupa keinginan masyarakat untuk  mengkonsumsi produk segar dan  olahan tanpa melibatkan bahan-bahan kimia antara lain pestisida dan pupuk. Dengan kata lain masyarakat membutuhkan pangan yang dihasilkan secara  organik. Tuntutan konsumen untuk mendapatkan produk pangan yang dibudidayakan secara organik terus meningkat sehingga para produsen pangan harus menyesuaikan diri untuk dapat tetap bersaing. Untuk dapat menerapkan budidaya bahan pangan yang dimaksud, dibutuhkan tenaga kerja yang memahami dan handal dalam menerapkan sistem organik dalam kegiatan produksinya.

SOLUSI

Ruang Lingkup Pelatihan

SUCOFINDO menyediakan pelatihan yang dapat diikuti masyarakat, usaha tani, kelompok tani, industri agri skala kecil, menengah dan  besar serta industri hilir yang terkait.  
 
Materi pelatihan meliputi:

  • Tahap penyiapan lahan,  termasuk mempelajari sejarah lahan;
  • Pemilihan bibit atau benih organik;
  • Membuat dan memakai hanya bahan yang organik dalam pemeliharaan;
  • Pengairan dengan meniadakan / membatasi pengaruh  kimiawi dari luar;
  • Penyiapan pembuatan  bahan tambahan organik dalam memproses menjadi pangan organik;
  • Kami memiliki pengajar yang berpengalaman luas yang memungkinkan pelatihan yang efektif dan bermanfaat sesuai kebutuhan dan kemampuan peserta.

Manfaat 

  1. Memiliki SDM yang handal dan mampu  mengembangkan sistem pertanian dan pengolahan pangan organik;
  2. Memastikan bahwa produk yang dihasilkan lebih terkendali;
  3. Memenuhi salah satu  persyaratan untuk  mengembangkan sistem pertanian dan produksi pangan secara organik;
  4. Peserta dapat menjadi internal auditor (1st party auditor) dan auditor bagi pemasok (2nd party auditor).

MENGAPA MEMILIH SUCOFINDO

Reputasi  SUCOFINDO adalah salah satu dari lembaga sertifikasi pertama di Indonesia, dengan cakupan sertifikasi sistem manajemen (mutu, lingkungan, kesehatan dan keselamatan kerja), sertifikasi produk dan HACCP serta berbagai sertifikasi yang lain. Kami memiliki auditor yang mempunyai kualifikasi yang lengkap untuk berbagai sektor usaha.
 
Jaringan  SUCOFINDO memiliki titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia.  Kami bermitra dengan lembaga sertifikasi  dari negara tujuan ekspor Indonesia.
 
Jasa Sesuai Kebutuhan Pelanggan SUCOFINDO senantiasa berusaha untuk menawarkan solusi yang menjawab kebutuhan para pelanggannya.
 
Pengakuan  SUCOFINDO adalah anggota ALSI (Asosiasi Lembaga Sertifikasi Indonesia). Jasajasa kami yang lain berakreditasi ISO 17020, 17025 dan bersertifikasi ISO 9001. 

PELAKSANAAN PELATIHAN

Pelaksanaan pelatihan  mengacu kepada prosedur operasi baku internal yang selaras dengan standar international, nasional ataupun standar organisasi profesional untuk organik (IFOAM/SNI) 

  1. Pelaksanaan Pelatihan: a. tutorial di kelas; b. pembahasan studi kasus; c. lokakarya; d. presentasi kelompok; e. evaluasi akhir;
  2. Durasi pelatihan : 3 (tiga) hari;
  3. Pelatihan dapat diselenggarakan secara public atau in-house.