• Hubungi Kami
  • Hubungi kami untuk mengetahui apakah kami bisa membantu Anda

    Strategic Business Unit Sertifikasi dan Ecoframework
    (SBU SERCO)
    PT. SUCOFINDO (PERSERO)


    Jl. Raya Pasar Minggu, Kav.34 - Pancoran, Jakarta Selatan 12780
    (+62)21-7983666
        Ext.2605
    (62)21-7987015
    serco.sucofindo.co.id
    marketing.serco@sucofindo.co.id
    Kirim Permintaan

Pelatihan Sistem Sertifikasi Keamanan Pangan/HACCP

image

Kesadaran konsumen untuk berperilaku sehat diantaranya adalah dengan hanya mengkonsumsi makanan yang sehat dan aman. Hal ini menuntut produsen pangan untuk menyesuaikan diri agar dapat tetap bersaing. Saat ini telah tersedia standar internasional HACCP (Hazard Analysis and Critical Control Points) yang mampu menjawab tuntutan regulasi bidang keamanan pangan dan perdagangan produk pangan yang memenuhi kriteria keamanan pangan (food safety) serta kesadaran terhadap kesehatan dan kelestarian lingkungan. Standar ini telah dilengkapi dengan sistem audit dan sertifikasi oleh pihak ketiga yang independen, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen. Dalam rangka penerapan HACCP, produsen membutuhkan kemampuan untuk menerapkan persyaratan standar sistem produksi yang aman dan sehat. Ketersediaan fasilitas pelatihan HACCP akan membantu kebutuhan ini.

TANTANGAN BISNIS 

Kesadaran konsumen untuk berperilaku sehat diantaranya adalah dengan hanya  mengkonsumsi makanan yang sehat dan aman. Hal ini menuntut produsen pangan untuk menyesuaikan diri agar dapat tetap bersaing. Saat ini telah tersedia standar internasional HACCP (Hazard Analysis and Critical Control Points) yang mampu menjawab tuntutan regulasi bidang keamanan pangan dan perdagangan produk pangan yang memenuhi kriteria keamanan pangan (food safety) serta kesadaran terhadap kesehatan dan kelestarian lingkungan. Standar ini telah dilengkapi dengan sistem audit dan sertifikasi oleh pihak ketiga yang independen, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen. Dalam rangka penerapan HACCP, produsen membutuhkan kemampuan untuk menerapkan persyaratan standar sistem produksi yang aman dan sehat. Ketersediaan fasilitas pelatihan HACCP akan membantu kebutuhan ini.   

SOLUSI

Ruang Lingkup Pekerjaan

Program Pelatihan Sistem keamanan pangan untuk Produk Makanan dan Minuman bisa anda atur sendiri di tahapan manapun anda kehendaki.  Untuk memproduksi makanan dan minuman yang berkualitas dan aman diperlukan SDM yang kompeten dan handal dalam pengelolaan sistem manajemen yang menyangkut hal-hal berikut:

  • produksi dengan mengaplikasikan SOP tentang hygiene dan sanitasi;
  • penanganan (handling) yang baik;
  • penyimpanan secara layak;
  • sistem pengangkutan dan distribusi yang handal.

SUCOFINDO menyediakan pelatihan dalam mengembangkan dan memproduksi produk pangan yang berkualitas dan aman pada setiap tahapan tersebut.

Manfaat

  1. Memiliki SDM yang handal sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan perdagangan terutama pemenuhan dari segi keamanan pangan;
  2. Memastikan bahwa produk yang dihasilkan terkendali dengan baik dengan keterlibatan SDM yang handal
  3. Mampu menyiapkan sistem jaminan mutu atau sistem keamanan pangan atau organik sesuai tuntutan dan perkembangan ;
  4. Memenuhi salah satu persyaratan untuk membangun sistem manajemen HACCP dalam memproduksi produk pangan;
  5. Memiliki auditor internal yang bersertifikat.

MENGAPA MEMILIH SUCOFINDO 

Reputasi  SUCOFINDO adalah salah satu dari lembaga sertifikasi pertama di Indonesia, dengan cakupan sertifikasi sistem manajemen (mutu, lingkungan, kesehatan dan keselamatan kerja), sertifikasi produk, HACCP, sertifikasi pangan organik serta berbagai sertifikasi yang lain. Kami memiliki auditor yang mempunyai kualifikasi yang lengkap untuk berbagai sektor usaha.
 
Jaringan  Titik layanan secara domestik tersebar di seluruh Indonesia. Secara global kami bermitra dengan perusahaan-perusahaan inspeksi yang memiliki jaringan internasional.
 
Jasa Sesuai Kebutuhan Pelanggan SUCOFINDO senantiasa berusaha untuk menawarkan solusi yang menjawab kebutuhan para pelanggannya.
 
Pengakuan  SUCOFINDO adalah

  • Anggota ALSI (Asosiasi Lembaga Sertifikasi Indonesia),
  • Anggota asosiasi internasional seperti IFIA (International Federation of Inspection Agencies),
  • GAFTA (Grain and Feed Trade Association),
  • FOSFA (Federation of Oilseeds and Fats Association),
  • SUCOFINDO juga berakreditasi ISO 17020, 17025,
  • Product Board Animal Feed (PDV) dan bersertifikasi ISO 9001.

PELAKSANAAN PELATIHAN

Dalam pelaksanaan pelatihan  kami mengacu kepada prosedur operasi baku internal yang selaras dengan standar  internasional ataupun standar organisasi profesi untuk keamanan pangan (Codex Alimentarius, HACCP dan SNI)

  1. Pelaksanaan Pelatihan: a. tutorial di kelas; b. pembahasan studi kasus; c. lokakarya; d. presentasi kelompok; e. evaluasi akhir;
  2. Durasi pelatihan : 3 hari;
  3. Pelatihan dapat diselenggarakan secara terbuka atau in-house, dalam kerja sama dengan IQCS.