• Hubungi Kami
  • Hubungi kami untuk mengetahui apakah kami bisa membantu Anda

    Strategic Business Unit Sertifikasi dan Ecoframework
    (SBU SERCO)
    PT. SUCOFINDO (PERSERO)


    Jl. Raya Pasar Minggu, Kav.34 - Pancoran, Jakarta Selatan 12780
    (+62)21-7983666
        Ext.2605
    (62)21-7987015
    serco.sucofindo.co.id
    marketing.serco@sucofindo.co.id
    Kirim Permintaan

Audit Energi

Audit energi adalah suatu kegiatan sistematis untuk melakukan pemeriksaan dan penilaian terhadap penggunaan energi pada industri, bangunan, gedung, dan mengidentifikasi potensi (peluang) penghematan energi yang dapat dilakukan.

Dasar Hukum

  1. Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2007 Tentang Energi
  2. Peraturan pemerintah (PP) no. 70 tahun 2009 tentang Konservasi Energi
  3. Instruksi Presiden Nomor 13 Tahun 2011 Tentang Penghematan Energi Dan Air
  4. Permen ESDM Nomor 14 tahun 2012 tentang Manajemen energi

Tujuan Audit Energi

  1. Aspek Engineering  :  Mengetahui dan memastikan kondisi sistem, proses, fasilitas penyedia dan pengguna energi pada industri, bangunan dan gedung sesuai dengan kebijakan dan tata kelola energi.
  2. Aspek Operasional  :  Melakukan kajian terhadap kemungkinan terjadinya pemborosan energi (Thermal dan Listrik) dalam rangka penghematan biaya energi
  3. Aspek Keselamatan HSE  : Mengetahui kondisi semua  instalasi dan peralatan  pada kondisi baik, aman dan       sesuai standar serta  peraturan yang berlaku.
  4. Aspek Lingkungan : Mengetahui pemenuhan baku mutu lingkungan dari aktivitas penggunaan energi dan potensi penurunan GRK dari penghematan energi yang dapat dilakukan.

Manfaat Audit Energi

Manfaat dari kegiatan audit  energi  antara lain :

  1. Tersedianya informasi mengenai kinerja penggunaan energi pada fasilitas, sistem, area, dan proses bagi manajemen perusahaan dan para divisi/unit  (produksi, engineering, utility, procurement, HSE, manajemen mutu, dan lain lain)
  2. Mendukung upaya efisiensi dan konservasi energi oleh industri, bangunan dan gedung dalam rangka penghematan penggunaan sumber daya (terutama energi) dan upaya pengurangan biaya produksi/operasional dalam bisnis.
  3. Pemenuhan terhadap regulasi pemerintah tentang manajemen energi (PP No 70 Tahun 2009 tentang Konservasi Energi dan Permen ESDM No 14 Tahun 2012 tentang Manajemen Energi)
  4. Peningkatan image perusahaan tentang upaya kepedulian lingkungan dan pembangunan industri berkelanjutan dengan mendukung program penurunan emisi CO2 pada industri melalui upaya penurunan intensitas energi atau konsumsi energi spesifik pada industri, yang mendukung peningkatan daya saing dan penerapan industri yang berkelanjutan.
  5. Audit energi menjadi salah satu aspek penting untuk menunjang kriteria dalam beberapa sistem seperti ( Proper, Green Building, Green Industry dan Green Port)

Mengapa memilih Sucofindo

Reputasi

SUCOFINDO adalah salah satu dari lembaga sertifikasi pertama di Indonesia, dengan cakupan sertifikasi sistem manajemen (mutu, lingkungan, energi, kesehatan dan keselamatan kerja), sertifikasi produk dan HACCP serta berbagai sertifikasi yang lain. Jaringan SUCOFINDOmemiliki titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia. Kami bermitra dengan lembaga sertifikasi asing dari negara tujuan ekspor Indonesia. Jasa Sesuai Kebutuhan Pelanggan SUCOFINDO senantiasa berusaha untuk menawarkan solusi yang menjawab kebutuhan para pelanggannya.

Pengakuan

SUCOFINDO adalah anggota ALSI (Asosiasi Lembaga Sertifikasi Indonesia). Jasa-jasa kami yang lain berakreditasi ISO 17020, 17025 dan bersertifikasi ISO 9001.

Jasa-jasa lainnya terkait dengan Audit Energi

  • Sertifikasi ISO 50001:2018
  • Pelatihan Pemahaman Standar ISO 50001
  • Pelatihan audit internal
  • Gap Analysis ISO 50001
  • Pelatihan dokumentasi ISO 50001
  • Pelatihan penerapan ISO 50006:2014 untuk penentuan Energy Performance Indicator (EnPI) dan baseline
  • Pelatihan perhitungan Life cycle costing untuk penerapan klausul 8.3 (pengadaan) pada ISO 50001
  • Dan lain-lain

Tahapan Audit Energi