• Hubungi Kami
  • Hubungi kami untuk mengetahui apakah kami bisa membantu Anda

    Strategic Business Unit Sertifikasi dan Ecoframework
    (SBU SERCO)
    PT. SUCOFINDO (PERSERO)


    Jl. Raya Pasar Minggu, Kav.34 - Pancoran, Jakarta Selatan 12780
    (+62)21-7983666
        Ext.2605
    (62)21-7987015
    serco.sucofindo.co.id
    marketing.serco@sucofindo.co.id
    Kirim Permintaan

Green Building

TANTANGAN BISNIS


Perubahan Iklim dan pemanasan global menjadi isu penting dalam keberlanjutan kehidupan manusia. Polusi, sampah dan penggunaan bahan bakar fosil yang tidak ramah lingkungan menjadi penyebab perubahan iklim secara ektrem. Perubahan iklim tersebut dikarenakan aktivitas tidak ramah lingkungan menjadi peningkatan emisi karbon. Kemudian dari emisi tersebut semakin mengumpul dari hasil CO2 dan Metan di udara menjadi apa yang kita kenal dengan istilah Efek Rumah Kaca. Menurut hasil UN Climate Change Conference 2015 di Paris, efek rumah kaca akan membuat suhu bumi meningkat sampai dengan 5° C di tahun 2050, yakni dengan perkiraan panas 40° C di siang hari. Apabila tidak dikendalikan dan manusia berubah maka akan terjadi bencana di seluruh dunia.
Gedung adalah salah satu penyumbang emisi di dunia yang paling berpengaruh. Gedung menghasilkan 12,9% dari 72% total CO2, 18,1% dari 18% total Metan, dan 1,5% dari 9% dari total Nitrous Oxide di dunia. Namun gedung memiliki nilai low cost emission reductions paling tinggi di antara sektor lainnya (World Resource Insitute, 2016). Artinya dengan upaya yang dilakukan untuk pengurangan emisi, gedung memiliki nilai yang tinggi manfaatnya.
Bangunan hijau akan memberikan manfaat pada efisiensi penggunaan energi, air dan material. Ketiga aspek ini merupakan inti dari Green Buidling. Efek ke depan akan menimbulkan lingkungan yang sehat dan penghuni/okupan gedung yang nyaman.

 

SOLUSI

Ruang Lingkup Pekerjaan

Green Building adalah bangunan yang dalam tahap pembangunan dan pengoperasiannya memperhatikan beberapa aspek (Lingkungan, Energi, Kesehatan, dll) tanpa mengurangi performa dari bangunan itu sendiri. Dalam Green Building terdapat kriteria penilaian yang perlu diverifikasi agar mencapai efisiensi sesuai prinsip dan semangat Green Building. Dalam implementasinya, terdapat 2 jenis standar penilaian yang digunakan yaitu Greenship dan EDGE.
Sebagai perusahaan konsultasi dan pihak independen, PT. Sucofindo (Persero) telah memiliki kompetensi untuk melakukan sertifikasi Green Building dan telah bekerja sama dengan Green Building Council Indonesia (GBCI) selaku pemilik paten dari standar penilaian Greenship dan selaku mitralokal International Finance Corporation (IFC) yaitu pemilik paten dari standar penilaian EDGE.

Sertifikasi Greenship atau EDGE meliputi :

  1. Sertifikasi Greenship/Edge New Building (NB)
    Yaitu diperuntukan bagi Gedung untuk mendapatkan proses sertifikasi dimulai dari pihak pemilik proyek. Hal ini ditunjukkan dengan komitmen yang kuat untuk mewujudkan gedung yang ramah lingkungan mulai dari tahap desain sampai dengan tahap konstruksi selesai
  2. Sertifikasi Greenship/Edge Existing Building (EB)
    Yaitu diperuntukan untuk Gedung yang sudang terbangun dapat disertifikasi bangunan hijau dimana hal ini timbul dari komitmen pemilik gedung untuk menjadikan gedung nya ramah lingkungan
  3. Sertifikasi Greenship Interior Building (IB)
    Sasaran yang dituju oleh GREENSHIP ini adalah pihak pengguna yang pada umumnya merupakan suatu badan usaha berbentuk manajemen perusahaan penyewa dan menggunakan sebagian atau keseluruhan ruangan didalam gedung dengan diikuti oleh proses kegiatan fit out yang berfungsi untuk mengakomodasi aktivitas perusahaannya. Lingkup penilaian dari GREENSHIP Interior Space / Ruang Interior tidak hanya sebatas aktivitas fit out semata, tetapi juga meliputi kebijakan pihak manajemen dalam melakukan pemilihan lokasi atau pemilihan gedung serta pengelolaan yang dilakukan oleh pihak manajemen setelah aktivitas di dalamnya mulai beroperasi
  4. Sertifikasi Greenship Home
    Merupakan penilaian bagi skala rumah tinggal satuan
  5. Sertifikasi Greenship Neighborhood
    Merupakan penilaian bagi skala Kawasan seperti perumahan, CBD, ataupun Kawasan Industri

Manfaat Potensial Bagi Pengguna

  1. Meningkatkan citra perusahaan
  2. Penggunaan energi menurun
  3. Mengurangi limbah air
  4. Melestarikan Sumber Daya Alam
  5. Meningkatkan produktivitas karyawan
  6. Memberikan rekomendasi terhadap efisiensi energi perusahaan

 

MENGAPA MEMILIH SUCOFINDO

Reputasi

SUCOFINDO sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mendukung industri hijau dan usaha ramah lingkungan, sesuai dengan Sustainable Goals Development (SDG) yang telah disusun oleh pemerintah Indonesia melalui BAPPENAS. Poin besar dalam SDG adalah People dan Planet, di mana kedua aspek ini ada di dalam gedung/bangunan hijau/Green Building

Jaringan SUCOFINDO memiliki titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia. Kami bermitra dengan lembaga sertifikasi asing dari negara tujuan ekspor Indonesia. Jasa Sesuai Kebutuhan Pelanggan SUCOFINDO senantiasa berusaha untuk menawarkan solusi yang menjawab kebutuhan para pelanggannya.

Pengakuan

SUCOFINDO adalah  Mitra GBC Indonesia (GBCI) dalam melakukan Sertifikasi Greenship dan Edge

 

PELAKSANAAN PEKERJAAN

Terdapat 2 (dua) jenis Sertifikasi :

  1. Metode Sertifikasi Greenship :
    •    Pemohon/pemilik gedung melakukan pendaftaran di dalam website Green Building Council Indonesia (GBCI)
    •    Pemohon/pemilik gedung menyelesaikan administrasi GBCI
    •    Pemohon/pemilik gedung memasukkan dokumen yang dibutuhkan
    •    SUCOFINDO melakukan Verifikasi dokumen  
    •    Apabila gedung dinyatakan eligible oleh verifikator, SUCOFINDO melakukan Verifikasi Lapangan
    •    SUCOFINDO membuat workshop dengan GBCI untuk Pemohon/pemilik gedung
    •    SUCOFINDO mengadakan siding Final Assement untuk pengguna gedung dan penguji Green Building dari pihak GBCI
    •    Apabila lulus ujian maka Keluar Sertifikat Greenship sesuai dengan hasil verifikasi
  2. Metode Sertifikasi EDGE :
    •    Pemohon/pemilik gedung melakukan pendaftaran di dalam website Green Building Council Indonesia (GBCI)
    •    Pemohon/pemilik gedung menyelesaikan administrasi GBCI
    •    Pemohon/pemilik gedung memasukkan dokumen yang dibutuhkan
    •    SUCOFINDO melakukan Verifikasi dokumen  
    •    GBCI melakukan penilaian melalui auditor EDGE  yang ditunjuk pihak GBCI
    •    Keluar Sertifikat EDGE dengan nilai efisiensi Energi – Air – Material minimal 20%