• Hubungi Kami
  • Hubungi kami untuk mengetahui apakah kami bisa membantu Anda

    Strategic Business Unit Sertifikasi dan Ecoframework
    (SBU SERCO)
    PT. SUCOFINDO (PERSERO)


    Jl. Raya Pasar Minggu, Kav.34 - Pancoran, Jakarta Selatan 12780
    (+62)21-7983666
        Ext.2605
    (62)21-7987015
    serco.sucofindo.co.id
    marketing.serco@sucofindo.co.id
    Kirim Permintaan

PENYUSUNAN DOKUMEN LINGKUNGAN

KEPATUHAN PELAKU USAHA

Dokumen lingkungan adalah salah satu perangkat pemerintah untuk menjaga lingkungan hidup yang didalamnya terdapat mekanisme seperti penyusunan dokumen, pembinaan teknis, pengawasan, dan lain – lain. Dalam Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, bahwa setiap usaha dan/atau kegiatan yang berdampak penting terhadap lingkungan hidup wajib memiliki amdal, sedangkan untuk kegiatan yang tidak termasuk dalam kriteria wajib amdal sebagaimana dimaksud dalam pasal 23 ayat (1) wajib memiliki UKL-UPL sedangkan Usaha dan/atau kegiatan yang mempunyai dampak terhadap lingkungan hidup di luar klasifikasi tersebut wajib membuat Surat Pernyataan Pengelolaan Lingkungan (SPPL).

SOLUSI

Setelah dilakukan analisis terhadap dampak lingkungan maka yang perlu dilakukan adalah penyusunan dokumen lingkungan. Suatu pembangunan usaha yang berkaitan dengan lingkungan haruslah terlebih dahulu dianalis mengenai dampak-dampaknya. Penyusunan harus disusun setelah jelas lokasi usaha pembangunan atau kegiatan teknologi yang akan dilakukan. Agar amdal berjalan secara efektif maka harus dalam pengawasan dan telah mendapatkan perijinan terlebih dahulu. Setelah dilakukan analisis maka selanjutnya adalah penyusunan dokumen

Jenis Dokumen Lingkungan Hidup
     ● AMDAL;
     ● UKL-UPL;
     ● SPPL;
     ● DELH;
     ● DPLH;

SUCOFINDO akan membantu hingga Surat Keterangan Kelayakan Lingkungan Hidup (SKKLH) terbit atau membantu proses penerbitan Izin Lingkungan baik yang dikeluarkan oleh BKPM melalui sistem OSS maupun Penerbitan Izin Lingkungan yang dikeluarkan oleh Kementerian atau instansi berwenang.

Peraturan terkait Izin Lingkungan yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 2012 tentang Izin Lingkungan mengatur tentang AMDAL serta yang ditambahkan dengan pengaturan UKL-UPL, SPPL dan Izin Lingkungan.  Peraturan  Izin Lingkungan, berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektornik, bahwa pada pasal 32 Lembaga OSS menerbitkan Izin Usaha berdasarkan Komitmen kepada Pelaku Usaha yang memerlukan prasarana untuk menjalankan usaha dan/atau kegiatan tapi belum menguasai prasarana. Dimana salah satu izin usaha yang dikeluarkan Lemabaga OSS berdasarkan Peraturan Pemerintah ini adalah Izin Lingkungan.

MENGAPA MEMILIH SUCOFINDO

Reputasi

SUCOFINDO memiliki berbagai tenaga ahli yang kompeten serta memiliki Sertifikasi Kompetensi Penyusunan AMDAL yang siap membantu setiap perusahaan dalam hal penyusunan dokumen lingkungan hidup (AMDAL, UKL-UPL, Audit Lingkungan, & Laporan Izin Lingkungan). Saat ini kami memiliki 4 (empat) ketua tim penyusun AMDAL yang tersertifikasi dari Badan Nasional Standarisasi Profesi (BNSP) dan diakui di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan memiliki lebih dari 10 (sepuluh) anggota penyusun yang juga telah tersertifikasi di BNSP. Jaringan SUCOFINDO memiliki titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia sehingga tidak menyulitkan kami untuk konsultasi di semua lokasi. Kami berhubungan baik dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Instansi-instansi daerah. SUCOFINDO hadir sesuai dengan Kebutuhan Pelaku Usaha dan  senantiasa berusaha untuk menawarkan solusi yang menjawab kebutuhan para pelanggannya.

Pengakuan

SUCOFINDO telah memiliki Kompetensi Lembaga Penyedia Jasa Penyusun (LPJP) Dokumen AMDAL, yang dikeluarkan oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan nomor registrasi 0019/LPJ/AMDAL-1/LRK/KLHK yang dikelaurkan tanggal 28 April 2017.

PELAKSANAAN PEKERJAAN

Proses Penyusunan AMDAL di luar Sistem OSS



Proses Penyusunan AMDAL berdasarkan Sistem OSS

RUANG LINGKUP

SUCOFINDO mampu menyusun dokumen lingkungan untuk seluruh bidang usaha karena selain memiliki tenaga yang berkompetensi, kami juga memiliki tenaga ahli sesuai dengan bidang usaha yang dibutuhkan.

PELANGGAN SUCOFINDO

Pelanggan SUCOFINDO antara lain:
•    PT Pertamina (Persero)
•    PT Petrosea
•    PT PELINDO II
•    PT PELINDO III
•    PT PELINDO IV
•    PT ANGKASA PURA I
•    PT ANGKASA PURA II
•    PT FREEPORT INDONESIA
•    PT MITSUBISHI MOTORS KRAMA YUDHA INDONESIA
•    PT MITSUBISHI LOGISTIC INDONESIA
•    PT PLN (PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA) PERSERO
•    KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN
•    PT HALLIBURTON INDONESIA
•    PT WEIR MINERAL INDONESIA
•    dll