• Hubungi Kami
  • Hubungi kami untuk mengetahui apakah kami bisa membantu Anda

    Strategic Business Unit Sertifikasi dan Ecoframework
    (SBU SERCO)
    PT. SUCOFINDO (PERSERO)


    Jl. Raya Pasar Minggu, Kav.34 - Pancoran, Jakarta Selatan 12780
    (+62)21-7983666
        Ext.2605
    (62)21-7987015
    serco.sucofindo.co.id
    marketing.serco@sucofindo.co.id
    Kirim Permintaan

Sertifikasi Produk Organik

Didorong oleh kekhawatiran konsumen terkait isu keamanan pangan dan kebutuhan akan gaya hidup sehat, pasar global untuk produk organik meningkat dengan pesat. Sehingga menghasilkan peluang pasar yang lebih luas untuk produsen lokal. Pertanian organik tidak hanya untuk negara-negara yang makmur tetapi dapat diterapkan dalam situasi lain. Khususnya di negara-negara yang sedang berkembang, sistem organik dapat berkontribusi pada pembangunan sosial ekonomi yang berkelanjutan melalui penyediaan makanan yang lebih sehat, melestarikan basis sumber daya pertanian (tanah, air, dan keanekaragaman hayati), memitigasi dampak pertanian terhadap perubahan iklim, meningkatkan profitabilitas pertanian, dan berkontribusi terhadap pendapatan devisa dengan mengekspor produk organik.

Produk pertanian hinnga produk makanan organik tetap merupakan produk khusus, meskipun harganya mahal. Pasar pada tingkatan yang premium bergantung pada kepercayaan konsumen terhadap keaslian produk organik. Oleh karena itu, produsen memerlukan cara untuk meyakinkan konsumen bahwa suatu produk telah ditanam dan diolah menggunakan metode organik. Ini membutuhkan sistem kredibel dari standar organik, sertifikasi, dan keterlacakan.

Indonesia, melalui Badan Standardisasi Nasional, telah menerbitkan standar yang dapat dijadikan acuan penerapan sistem pengolahan secara organik (SNI 6729:2016 Sistem Pertanian Organik). Standar ini mengacu kepada banyak standar internasional, diantaranya European Regulation (EU 2008 Regulation No 2092/91), Codex Standard, USDA National Organic Program, IFOAM Basic Standards for Organic Production and Processing, hingga ASEAN Standard for Organic Agriculture, sehingga standar ini dapat diterapkan saat di lahan pertanian (on farm) maupun di luar lahan pertanian (off farm).

SUCOFINDO-International Certification Services (SICS) merupakan salah satu lembaga sertifikasi pertama di Indonesia yang memiliki puluhan tahun pengalaman dalam aktivitas penilaian kesesuaian, diantaranya jasa sertifikasi. Saat ini, SICS telah memiliki 26 skema sertifikasi yang terakreditasi, diantaranya sertifikasi sistem manajemen mutu (ISO 9001), sertifikasi sistem manajemen kesehatan, keselamatan kerja, dan lingkungan (SMK3L – ISO 14001), sertifikasi produk (SNI dan CB Scheme), sertifikasi produk organik, hingga sertifikasi sistem keamanan pangan (GMP, HACCP, hingga ISO 22000).

Bekerjasama dengan SUCOFINDO-International Certification Services (SICS) dapat menyakinkan konsumen terhadap produk makanan yang aman dan terpercaya melalui serangkaian tahapan audit. Auditor kami merupakan para ahli di sektor keamanan pangan yang cocok dengan bisnis Anda, memungkinkan terjadinya asesmen yang kuat dan efektif terhadap sistem Anda dan berfokus pada area dan isu yang penting untuk bisnis Anda.

Skema Sertifikasi

Ruang Lingkup

  1. Tanaman Segar dan Produk Tanaman
  2. Ternak dan Produk Peternakan
  3. Pupuk Organik