• Hubungi Kami
  • Hubungi kami untuk mengetahui apakah kami bisa membantu Anda

    Strategic Business Unit Sertifikasi dan Ecoframework
    (SBU SERCO)
    PT. SUCOFINDO (PERSERO)


    Jl. Raya Pasar Minggu, Kav.34 - Pancoran, Jakarta Selatan 12780
    (+62)21-7983666
        Ext.2605
    (62)21-7987015
    serco.sucofindo.co.id
    marketing.serco@sucofindo.co.id
    Kirim Permintaan

Sertifikasi Sistem Manajemen Terpadu

Menunjukkan Kemampuan dalam Penerapan Sistem Manajemen Menyeluruh guna Memperoleh Kepercayaan Pelanggan

TANTANGAN BISNIS

Salah satu penyebab perubahan strategi bisnis adalah akibat adanya perubahan orientasi pemasaran. Bila pada mulanya orientasi pasar adalah lebih kepada pemenuhan kebutuhan domestik, maka mulai beberapa tahun terakhir telah bergeser pada orientasi pasar global. Kecenderungan yang sebaliknya dapat pula terjadi untuk produk dan jasa tertentu. Pada tingkat global, tuntutan pasar tidak terbatas pada  produk/jasa yang bermutu saja, namun sudah mengarah kepada pemenuhan pengendalian lingkungan dan kepedulian atas keselamatan dan kesehatan kerja.

SOLUSI

Ruang Lingkup Pekerjaan

Sertifikasi sistem manajemen terpadu  dimulai dari proses audit yang dilakukan secara terintegrasi atas sistim manajemen mutu, lingkungan dan K3. Proses sertifikasi ini lazimnya mengacu kepada tiga standar international seperti ISO 9001:2008, ISO 14001:2004, dan OHSAS 18001:2007, namun berdasarkan kebutuhan pasar dan pelanggan, ruang lingkup integrasi dapat dikurangi atau ditambahkan dengan sistem manajemen lain yang relevan. Persyaratan untuk dapat dilakukan sertifikasi terintegrasi yaitu dokumentasi sudah diintegrasikan, terutama manual dan prosedur, serta instruksi kerja yang terkait sesuai dengan kebutuhan.
Berdasarkan audit yang dilakukan terhadap penerapan sistem manajemen secara serentak dan menyeluruh, SUCOFINDO akan menerbitkan sejumlah sertifikat untuk masing-masing sistem manajemen  dan sebuah sertifikat sistem manajemen terpadu.

Manfaat

  1. Efisien waktu dan biaya;
  2. Mendapatkan sertifikasi sistem manajemen terintegrasi selain sertifikat dari masingmasing sistem manajemen yang diterapkan;
  3. Meningkatkan kepercayaan pelanggan;
  4. Meningkatkan citra dan daya saing perusahaan;
  5. Meningkatkan peluang untuk masuk pasar global;
  6. Meningkatkan performa organisasi (produktifitas, efisiensi dan efektifitas operasional);
  7. Meningkatkan moral karyawan melalui sistem kerja yang baik dan konsisten;
  8. Memberikan rekomendasi terhadap perbaikan sistem organisasi secara terus menerus.

MENGAPA MEMILIH SUCOFINDO

Reputasi  SUCOFINDO adalah salah satu dari lembaga sertifikasi pertama di Indonesia, dengan cakupan sertifikasi sistem manajemen (mutu, lingkungan, kesehatan dan keselamatan kerja), sertifikasi produk dan HACCP serta berbagai sertifikasi yang lain. Kami memiliki auditor yang mempunyai kualifikasi yang lengkap untuk berbagai sektor usaha.
Jaringan  SUCOFINDO memiliki titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia.  Kami bermitra dengan lembaga sertifikasi  asing dari negara tujuan ekspor Indonesia.
Jasa Sesuai Kebutuhan Pelanggan SUCOFINDO senantiasa berusaha untuk menawarkan solusi yang menjawab kebutuhan para pelanggannya.
Pengakuan  SUCOFINDO adalah anggota ALSI (Asosiasi Lembaga Sertifikasi Indonesia). Jasa-jasa kami yang lain berakreditasi ISO 17020, 17025 dan bersertifikasi ISO 9001.

PROSES VERIFIKASI

Proses verifikasi kesesuaian sistem mutu terintegrasi terhadap persyaratan standar seri ISO 9001:2008; ISO 14001:2004, & OHSAS 18001:2007

  • Pendefisian ruang lingkup sertifikasi;
  • Kunjungan pendahuluan dilakukan untuk melihat analisis gap dan diagnosis antara standar yang diterapkan oleh organisasi terhadap penerapan standar yang diacu;
  • Sertifikasi audit dalam 2 tahap yaitu:
    Tahap 1  : Audit pendahuluan, yakni audit dokumen dan  pre-audit untuk menguji tingkat penerapan sistem manajemen terintegrasi di organisasi, guna persiapan pelaksanaan Certification audit.
    Tahap 2   :  Audit sertifikasi, yakni  audit komprensif untuk menilai efektivitas penerapan sistem manajemen terintegrasi berdasarkan sistem dokumentasi yang telah dibuat dan ruang lingkup aplikasi sistem manajemen terintegrasi.
  • Sertifikat akan diterbitkan oleh SUCOFINDO – ICS sesuai dengan ruang lingkup penerapan sistem manajemen terintegrasi dan standar yang diaplikasikan oleh perusahaan serta berlaku selama 3 tahun sejak tanggal pengesahannya. Sertifikat baru bisa diterbitkan setelah organisasi melakukan tindak perbaikan  terhadap hasil temuan audit.
  • Audit pengawasan akan dilakukan oleh SUCOFINDO – ICS untuk memantau tingkat pemeliharaan sistem manajemen organisasi.
  • Audit sertifikasi-ulang, setelah 3 tahun SUCOFINDO – ICS akan melakukan audit  secara keseluruhan terhadap organisasi yang telah disertifikasi.