• Hubungi Kami
  • Hubungi kami untuk mengetahui apakah kami bisa membantu Anda

    Strategic Business Unit Sertifikasi dan Ecoframework
    (SBU SERCO)
    PT. SUCOFINDO (PERSERO)


    Jl. Raya Pasar Minggu, Kav.34 - Pancoran, Jakarta Selatan 12780
    (+62)21-7983666
        Ext.2605
    (62)21-7987015
    serco.sucofindo.co.id
    marketing.serco@sucofindo.co.id
    Kirim Permintaan

Usaha Pariwisata

Tantangan Bisnis  - Latar Belakang
          Kepuasan  Pelanggan  adalah  kunci  penting  bagi  setiap  perusahaan.  Semakin  tinggi  tingkat kemajuan suatu masyarakat, semakin tinggi pula tuntutan kepuasan pelanggan terhadap sebuah produk atau Jasa.  Setiap  perusahaan  dituntut  untuk  mampu  memenuhi  konsistensi  mutu layanan/jasa tepat waktu dan layanan purna jual yang terjamin dan tidak terkecuali di sektor Pariwisata  seperti  perhotelan  yang  merupkan bagian  dari  usaha  pariwisata,  menuntut  adanya penyediaan jasa akomodasi yang memenuhi standard.

          Standar usaha  Pariwisata adalah sebagai salah satu pendukung pariwisata yang major. Usaha Pariwisata  yang dibina dan didukung oleh fasilitas serta standarisasi yang selaras tentunya akan memberikan nilai tambah dan penting kepada wisatawan untuk datang, karena standarisasi fasilitas dan pelayanan akan memberikan keyakinan kepada wisatawan bahwa Usaha Pariwisata tersebut memiliki kelayakan fisik, pelayananan, kenyamanan dan keamanan. 
 
          Pedoman Penyelenggaraan Sertifikasi Usaha Pariwisata ini menjelaskan persyaratan pendirian dan operasional kegiatan LSU Bidang Pariwisata. Pedoman ini dimaksudkan untuk menjamin bahwa LSU Bidang Pariwisata melaksanakan sertifikasi usaha pariwisata secara obyektif, kredibel dan transparan. Pedoman ini berperan sebagai dasar untuk pelaksanaan sertifikasi usaha pariwisata dalam rangka implementasi standar usaha pariwisata.

          PT SUCOFINDO (Persero) adalah salah satu Perusahaan Milik Negara (BUMN) yang berdiri pada tahun 1956 juga sebagai lembaga independen dan kredible yang telah memiliki pengalaman yang luas dalam bidang Inspeksi, Supervisi dan Audit sertifikasi ISO, Lingkungan, Energi, K3 dan lainnya dan telah menjadi salah satu lembaga yang ditunjuk oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif melalui Keputusan Menteri No. KM-32/HK.501/MPEK/2014 tgl. 1 Juli 2014 untuk melakukan Sertifikasi Usaha Pariwisata untuk standar usaha Hotel dan perluasan Lingkup sertifikasi dengan surat Keputusan dari Kementerian Pariwisata  No. 38HK.501 /DPDIP /KEMPAR /2016 tanggal 29 Juni 2016 perihal  perluasan usaha Sertifikasi Usaha Pariwisata yang meliputi Sertifikasi Jasa Parawisata usaha Penyedia Makanan dan Minuman Khususnya ; Restoran, Rumah Makan, Bar, Jasa Boga dan Restoran / Rumah Makan, siap membantu pemerintah mensukseskan program ini. PT SUCOFINDO (Persero) dalam rangka mensukseskan program LSU Hotel ini telah mempersiapkan tim Auditor yang berkompeten ,handal dan bersertifikasi juga dibantu oleh tenaga ahli professional di bidang pariwisata serta memiliki Network berupa cabang-cabang diseluruh Indonesia.


Tujuan dan sasaran  
Sertifikasi bagi pelaku usaha industri pariwisata  pada dasarnya memeiliki sasaran  untuk :  

  1. Proses pemberian sertifikat kepada usaha / Pelaku usaha Pariwisata untuk mendukung peningkatan mutu produk, pelayanan dan pengelolaan usaha pariwisata  melalui penilaian kesesuaian standard usaha pariwisata
  2. Memberikan perlindungan kepada tamu, pengusaha, tenaga kerja, dan masyarakat, baik untuk keselamatan, kesehatan, kenyamanan, keamanan, dan kemudahan dan pelestarian lingkungan hidup 

 

Adapun tujuan dari Sertifikasi Standar Usaha Pariwisata sendiri memilki manfaat yang sangat luas baik untuk pengusaha pariwisata maupun masyarakat pengguna Usaha Pariwisata , yang meliputi :

  • Menunjukkan status mutu sesuai dengan standar nasional/ intenasional;
  • Menunjukkan kredibilitas, kepercayaan, kepuasan dengan para  pihak yang berkepentingan (mitra, masyarakat, dan pelanggan). 
  • Perangkat  Promosi dalam meningkatkan citra dan daya saing pasar. 
  • Sebagai tool atau sarana  evaluasi kinerja Manajemen Pariwisata bagi pengelolapengusaha usaha pariwisata  dan pemenuhan kepatuhan pengusaha Hotel dalam penerapan yang terkait regulasi –regulasi terkait usaha Pariwisata
  • Memastikan penerapan Standar Usaha Pariwisata di perusahaan 
  • Meningkatkan citra dan daya saing perusahaan 
  • Penerapan sistem manajemen yang baik akan meningkatkan produktifitas, efisiensi dan     efektifitas operasional sehingga mengurangi biaya pemborosan karena kegagalan dalam mencapai mutu produk yang telah ditetapkan 
  • meningkatkan moral karyawan melalui sistem kerja yang baik dan konsisten 
  • Memastikan komitmen perusahaan dalam pemenuhan Peraturan Menteri 
  • Adanya kebijakan dan dukungan manajemen untuk peningkatan kinerja melalui penerapan standar usaha pariwisata secara konsisten. 

 
Skema Audit
Adapun Proses Sertifikasi Meliputi : 

  1. Pemenuhan Persyaratan Dasar Sertifikasi , contohnya untuk Usaha Akomodasi Hotel
    Yang harus dipenuhi oleh Manajemen Hotel sebelum dilakukan audit dan sertifikasi, yang meliputi : 

    1. Analisa air Baku : untuk memasak
    2. Analaisa air minum kemasan
    3. Analisa air utilisasi (Mandi dan kolam renang) apabila ada kolam renang 
    4. Analisa air limbah
    • TDUP (Tanda Daftar Usaha Pariwisata) yang masih berlaku
    • Surat / sertifikat kelaikan fungsi bangunan yang diterbitkan dari instansi terkait 
    • Surat / Sertifikat laik sehat hotel dari instansi terkait 
    • Analisa air yang diterbitkan oleh Laboratorium terakreditasi yang meliputi :

Proses / mekanisme Audit sertifikasi Standar Usaha Hotel


TAHAP 1 – APLIKASI 
Mengisi dan Melengkapi formulir pendaftaran 
Penyerahan Dokumen terkait persyaratan Sertifikasi 
 
TAHAP 2 – DESK AUDIT 
Memastikan dokumentasi dan melakukan Pre Audit Sistem Manajemen Pariwisata terkait dokumentasi yang dikirimkan saat aplikasi.
Hasil    : Report. 
Syarat : Persyaratan dasar terpenuhi & Penilaian mandiri telah dilakukan 
Waktu  : 1 Manday 
Lokasi   : Kantor Lembaga Sertifikasi Usaha (LSU) 
Metode : Interview dan Verifikasi rekaman 


TAHAP 3 – AUDIT SERTIFIKASI 
Memastikan & menilai penerapan standar usaha pariwisata :

    • Sesuai dengan kesiapan perusahaan.
    • Dikerjakan di tempat perusahaan. 
    • Waktu : 4-8 mandays (tergantung ukuran perusahaan). 
    • Lokasi : Kantor/Tempat Aktifitas Organisasi (On site Audit) 
    • Hasil : Compliance Audit Report . 

Metoda : interview, observasi, klarifikasi, dan verifikasi catatan. 
 
FOLLOW UP AUDIT  (*Apabila diperlukan )
Proses ini akan dilaksanakan apabila dalam  terdapat ketidaksesuaian , bertujuan untuk memastikan bahwa tindakan korektif dan preventif dilaksanakan organisasi , dilakukan On-site audit. 
Waktu : 1- 2 mandays  
Hasil : Follow-Up Audit Report. 
 
PENYIAPAN LAPORAN
Proses ini dimulai apabila hasil respon hasil temuan dari Compliance Audit atau Follow-Up Audit (jika diperlukan) telah ditindaklanjuti oleh Organisasi 
 
TAHAP 4 - REKOMENDASI 
Proses ini dimulai apabila hasil Compliance Audit atau Follow-Up Audit (jika diperlukan) adalah rekomondasi positif untuk sertifikasi.
Proses ini bertujuan untuk memverifikasi hasil kegiatan audit dalam rangka penerbitan sertifikasi 
 
TAHAP 5 – SERTIFIKASI 
Sertifikat akan diterbitkan berdasarkan standar Sertifikasi Usaha Pariwisata yang diaplikasikan dan ruang lingkup penerapannya. 
Masa berlaku sertifikasi 3 tahun 
Informasi perusahaan yang tersertifikasi akan dimasukan ke dalam direktori  perusahaan yang telah disertifikasi oleh Sucofindo SERCO dan dipublikasikan untuk umum. 
 
TAHAP- 6 SURVAILANCE AUDIT 
Memastikan pemeliharaan standar usaha pariwisata

  • Dilaksanakan setiap 1 tahun.
  • On-site audit
  • Waktu : 2 mandays ( perkunjungan audit)
  • Hasil : Surveillance Audit Report. 

Metode : Audit berdasarkan pendekatan proses & Verifikasi penerapan standar usaha pariwisata yang sangat berpengaruh kepada kepuasan pelanggan 
 
TAHAP-7 RESERTIFIKASI AUDIT 
Memastikan bahwa Standar SU organisasi diterapkan, efektif dan sesuai dengan persyaratan standar dan ruang lingkup Sertifikasi 

    • Main Audit yang  dilaksanakan setelah masa berlaku sertifikat berakhir.
    • On-site audit 
    • Hasil : Resertifikasi Audit Report.